Total Tayangan Halaman

Jumat, 06 Juli 2012

Belajar Bentangan


Tutorial kali ini kita akan belajar tentang bentangan. Untuk orang-orang yang telah lama berkecimpung di dunia sheet metal, cara membuat bentangan dari sebuah barang tentu tidaklah sulit, tapi bagaimana dengan pemula yang masih awam dengan sheet metal.
Nah dalam Solidwork terdapat fitur SHEET METAL yang memudahkan orang awam untuk membuat suatu bentangan.
  1. Sebagai contoh kita akan membuat sebuah prisma seperti gambar di bawah ini yang nantinya kita buat bentangannya.


  1. Bagaimana membuatnya? Dengan menggunakan fitur LOFT. Kita buat dulu sketch yang pertama di Top Plane berupa Rectangle dengan dimensi 40x40. Kemudian kita buat plane 1 untuk membuat sketch yang kedua berupa rectangle dengan dimensi 120x120. (Untuk plane 1 kita buat di bawahnya), Untuk membuat plane 1 klik FEATURES/REFERENCES/PLANE.




  1. Kita gabungkan 2 sketch dengan fitur LOFT. Pada  kolom profiles, isi sketch 1 lalu sketch 2 (Boleh dibalik) Asal sisi yang di klik sama.



4.Lalu kita Klik fitur SHELL untuk menentukan tebal sheet metal kita nanti. Klik sisi atas dan bawah. Kita isi 0.5



 
5. Kita buat sketch yang kita gunakan untuk memotong part kita dengan tool extrude cut, yang nantinya bertujuan untuk sisi bentangan kita, untuk dimensi tulis aja 0.5mm. Pilih up to next pada direction 1 sehingga kita tidak usah repot2 mengisi dimensi yang tepat untuk memotong part. Untuk sketch terserah gambar di plane front atau right.


 
6. Pilih Insert/Sheet Metal/Bends, klik sisi sesuai gambar, pada bend radius isi 0.5





6. Klik Ok, lalu pilih fitur SHEET METAL/FLATTEN, jadi deh bentangannya.




SELAMAT MENCOBA….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar